25.10.16

Jalan Menuju Pesona Jogja Homestay

25.10.16
Bila harus menggambarkan Pesona Jogja Homestay, maka akan saya ajak Anda untuk berimajinasi tentang hunian ala cluster dan atau town house. Tentang sebuah kotak lahan dimana di kiri kanannya terdapat enam rumah. Masing-masing terdiri dari tiga deret rumah dan saling berhadap-hadapan, dua lantai, serta dilengkapi dengan garasi. Bagian tengah adalah tanah lapang berpaving persegi panjang warna abu-abu. Ia kadang digunakan untuk sebuah pertemuan, tinggal ditata deretan kursi, dengan konsep pesta kebun. Bagian paling belakang yang berlawanan arah dengan gerbang adalah sebuah tembok, memisahkan antara homestay dengan persawahan yang membentang. Tepat di bagian bawah tembok adalah kolam ikan dengan suara gemericik air. Merdu.


Istri saya sedang foto bersama Atanasia Rian


Bersama Kak Widhi dari pihak Pesona Jogja Homestay

Adalah Kak Widhi, perempuan tomboy yang sigap menyetir mobil dan memiliki ketenangan yang stabil ketika harus menemani dan memperlakukan para tamu di Pesona Jogja Homestay. Dialah yang menjemput kami di stasiun Lempuyangan, saat saya dan istri serta Lozz Akbar telah tiba di Jogja.

Jarak antara stasiun Lempuyangan menuju lokasi Pesona Jogja Homestay tak jauh, hanya kami tempuh sekitar lima menit saja, dengan moda transportasi roda empat. Namun yang sedikit membuat saya bingung menghapal jalan, lokasi Pesona Jogja Homestay terletak di tengah-tengah pemukiman yang padat. Ia ada di kelurahan Tahunan, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.

Saya punya cara khusus untuk mengingat lokasi Pesona Jogja Homestay. Mula-mula, saya akan mencari Taman Makam Pahlawan Kusumanegara yang terletak di Umbulharjo. Taman Makam Pahlawan ini berada di tepi jalan besar yang ramai, di depannya terdapat pertigaan dan sebuah Perguruan Tingi bernama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogja. Di samping kiri Taman Makam Pahlawan terdapat sebuah jalan beraspal bernama JL. Soga. Meskipun beraspal namun ia bukan jalan arus utama, melainkan jalan alternatif. Orang-orang mengenalnya sebagai jalan menuju Taman Siswa, sebab JL. Soga memang akan mengantarkan kita ke rumah Ki Hajar Dewantara. Rumah itu masih terawat baik hingga kini.


Jalan menuju Pesona Jogja Homestay yang saya hapal

Berikut adalah ancer-ancer Pesona Jogja Homestay yang pernah saya tulis di instagram, sepulang jalan kaki dari homestay menuju Taman Makam Pahlawan Umbulsari.

Sepulang dari TMP Kusumanegara, kami kembali berjalan kaki, melintas di trotoar JL. Soga, sebuah jalan yang berada tepat di sisi kiri taman makam. Setelah melalui JL. Soga, kita hanya harus mencari JL. Celeban. Ia mudah dijumpai sebab ada di pertigaan kecil yang ancer-ancernya adalah rumah Ki Hajar Dewantara. Jalan lagi hingga menjumpai Gang Pandu. Dari mulut gang, masih harus berjalan sedikit lagi, kurang dari 100 meter. Setelah itu, sampailah kita di depan gerbang Pesona Jogja Homestay, sebuah penginapan dengan suasana yang nyaman, mirip rumah sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

acacicu © 2014